Definisi dan Pengertian dari Laporan Neraca keuangan adalah laporan keuangan yang kita butuhkan untuk dapat memahami status kekayaan perusahaan dalam satu waktu. Contohnya kita ingin tahu status kekayaan perusahaan pada tanggal 15 maret, maka kita cukup melihat laporan neraca keuangan pada tanggal tersebut saja.

Laporan Neraca Keuangan pada tanggal 15 Maret tentu akan berbeda dengan Laporan Neraca Keuangan pada tanggal 20 Maret. Hal ini disebabkan karena kekayaan perusahaan akan terus berubah-ubah sesuai dengan berjalannya waktu dalam menjalankan bisnis (pada saat-saat itu terjadi penjualan, terjadi pembelian, terjadi pengeluaran, dan sebagainya) maka dari itu kita akan melihat status kekayaan perusahaan yang berbeda di tanggal yang berbeda.

Biasanya laporan neraca keuangan terdiri dari ASET, LIABILITAS, dan EKUITAS. Begini penjelasannya:

1. ASET adalah segala materi kekayaan milik perusahaan dijelaskan dalam bentuk nilai uang. Pada laporan neraca keuangan, kolom ASET terletak di sebelah kiri. Contohnya: uang yang dipegang, uang di bank, stok barang, gedung, piutang.

2. LIABILITAS adalah segala beban perusahaan dijelaskan dalam bentuk nilai uang. Pada laporan neraca keuangan, kolom LIABILITAS terletak di sebelah kanan. Contoh akun yang paling umum di Liabilitas adalah hutang.

3. EKUITAS adalah daftar modal perusahaan. Di sini kita bisa memahami berapa banyak modal yang disetor kepada perusahaan, dan berapa laba rugi perusahaan, dalam bentuk nilai uang. Pada laporan neraca keuangan, kolom EKUITAS biasanya terletak di sebelah kanan, di bawah kolom LIABILITAS.

Dalam mengisi laporan neraca keuangan, akan erat kaitannya dengan pengisian jurnal keuangan. Di dalam jurnal keuangan, kita akan bisa memahami mana yang disebut sebagai ASET dan mana yang disebut sebagai LIABILITAS. dengan jurnal keuangan kita akan bisa memahami berapa LABA yang bisa kita dapat. Mohon doanya, semoga saya bisa menjelaskan tentang jurnal keuangan di lain waktu.

Berikut contoh sederhana bagan laporan neraca keuangan:

neraca

 

Saya tahu ini hanya sedikit pengertian tentang laporan neraca keuangan. Namun bila anda ingin menanyakan sesuatu atau ingin mengetahui lebih jauh tentang laporan neraca keuangan, silahkan tinggalkan pertanyaan di comment. saya akan coba menjawab dengan pengetahuan yang saya bisa 🙂

Semoga artikel ini membantu,
Cheers!