Menentukan produk / layanan apa yang akan anda jual dalam bisnis memang agak sedikittricky. Salah dalam menentukannya bisa mengakibatkan bisnis tidak menghasilkan profit dan bisa-bisa tidak bertahan lama. Berikut 5 tips yang bisa anda ikuti untuk dapat menentukan produk / layanan yang bisa anda jual dalam bisnis:

1. Ikuti Hobi atau Passion Anda Sendiri.

Apabila produk dari bisnis adalah berdasarkan passion (kesenangan atau kegemaran) yang anda miliki, anda akan merasa senang dalam menjalankan bisnis tersebut. Akibatnya anda akan sangat mengetahui setiap ilmu dan seluk beluk dari produk yang anda jual. Ini akan mempermudah anda untuk menjual ke pasar karena anda bisa menunjukkan ke konsumen bagaimana senangnya dan ahlinya anda dalam mengetahui produk anda sendiri.

Saat bisnis sedang mengalami penurunan, penurunan semangat untuk berbisnis pun biasanya terjadi. Namun biasanya penurunan semangat ini tidak akan terlalu terasa apabila anda menyenangi produk anda sendiri. Anda akan tetap menjalankannya dengan semangat karena anda suka.

2. Ikuti kebutuhan pasar.

Bisnis yang ramai biasanya adalah bisnis yang dapat menjawab kebutuhan pasar. Anda bisa mempelajari apa yang pasar butuhkan, lalu anda buatkan produk / layanan yang dapat menjawab kebutuhan itu. Contoh yang paling mudah adalah makanan, setiap orang butuh makan oleh karena itu biasanya menjual poduk makanan cukup mudah.

Tapi perlu diingat bahwa menjual produk yang menjadi kebutuhan pasar berarti bisa jadi anda mempunyai banyak kompetitor, kecuali bila anda memnghasilkan produk / layanan kebutuhan pasar yang belum terjawab. Ketika menemui kompetitor maka di situ anda harus mulai menambahkan nilai tambah kepada bisnis anda agar konsumen lebih memilih anda ketimbang kompetitor.

3. Pelajari kemungkinan ketersediaan produk, bahan baku, atau sumber daya.

Produk / layanan yang dijual haruslah tersedia. Bila anda menjual produk / layanan yang tidak bisa dibeli oleh konsumen, konsumen tentu tidak akan membeli ke tempat anda. Pelajari kemungkinan ketersediaan produk, bahan baku, atau sumber daya bisnis anda. Anda harus memastikan konsistensi ketersediannya sehingga anda bisa terus berjualan dengan baik.

4. Pelajari berbagai bisnis beserta masing-masing model bisnisnya.

Pernahkah anda berfikir bagaimana sebuah bisnis mendapatkan keuntungan? bagaimana mendapat supply produk yang teratur? apa nilai tambah yang ia berikan? Apabila anda sudah berfikir ke arah sana, berarti anda telah memikirkan sebuah model bisnis suatu perusahaan.
Dengan mempelajari model bisnis sebuah perusahaan anda akan semakin paham bagaimana sebuah produk dapat menjadi motor sebuah bisnis. Mungkin anda ingin mempelajari model bisnis berbagai perusahaan untuk mendapatkan inspirasi tentang produk / layanan yang bisa anda tawarkan ke pasar.

5. Buat contoh produk dan ukur minat pasar.

Hal ini sudah pernah saya singgung di blogpost tentang Perlukah Uang Untuk Memulai Bisnis. Dengan membuat contoh produk anda bisa melakukan testing pasar dalam skala yang minimal. Apabila produk anda diminati dan order dari konsumen terus bertambah, berarti produk anda bisa dikatakan berhasil dan anda bisa saja siap untuk melangkah ke tahapan bisnis berikutnya. Bila tidak, cobalah terus untuk membuat produk yang bisa diminati pasar.
Pada dasarnya menentukan produk untuk bisnis adalah menentukan produk yang anda senangi, mampu anda pastikan ketersediaannya, dan mampu diserap oleh pasar dengan baik. Bila anda telah menentukan produk yang akan dijual, mungkin ini saatnya anda harus mencoba mendatangkan pelanggan lebih banyak ke bisnis anda.
Semoga berhasil dalam membangun bisnis anda sendiri,
Salam Kotak Terbang!