Bagi yang tidak memiliki akun Internet Banking Bank Mandiri, saat ini sudah ada pelayanan untuk membayar pajak via ATM Bank MandiriSaat artikel ini ditulis, penulis menemukan bahwa Bank BCA juga melayani pembayaran pajak via ATM. Walau begitu di artikel ini penulis hanya menjelaskan prosedur membayar pajak via ATM Bank Mandiri. 

Dengan adanya fasilitasi ini kita jadi tidak perlu lagi repot-repot pergi ke kantor pajak atau kantor POS untuk melakukan pembayaran pajak. Sayangnya informasi ini tidak begitu populer di masyarakat, jadi tim KT merasa penting untuk mengulas tentang informasi ini. Mari kita mulai pembahasan langkah-langkahnya.

Cara kerja membayar pajak via ATM Bank Mandiri mirip dengan cara membayar pajak via Internet Banking, dimulai dengan membuat billing atau tagihan pajak secara mandiri oleh wajib pajak. Untuk membuat billing ini wajib pajak harus membuat akun online billing terlebih dahulu. Setiap kali kita membuat billing, kita akan mendapat nomor ID tagihan yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran pajak via ATM Bank Mandiri. Untuk lebih jelasnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

LANGKAH PERTAMA: MENDAFTAR AKUN ONLINE BILLING DI WEBSITE KANTOR PAJAK.

  1. Buka browser anda dan masuk ke http://sse.pajak.go.id
  2. Apabila NPWP anda belum terdaftar, silahkan klik “Daftar Baru”.
  3. Masukkan NPWP, Nama, dan E-mail anda untuk didaftarkan. Pastikan alamat e-mail anda adalah alamat e-mail yang aktif karena akan digunakan untuk verifikasi akun oleh kantor pajak.
  4. Klik “Register”
  5. Anda akan mendapat e-mail dari pajak.go.id.
  6. Buka e-mail tersebut dan klik link untuk melakukan verifikasi akun e-mail. Apabila link tersebut gagal, silahkan masukan kode aktivasi yang tertera di e-mail tersebut melalui http://ssereg.pajak.go.id/verification.aspx.
  7. Di e-mail tersebut anda akan melihat bahwa NPWP anda menjadi USER ID yang akan digunakan untuk login. Jangan lupa catat juga PIN yang terdapat di e-mail tersebut.
  8. Selamat, anda telah berhasil membuat akun di Online Billing System Pajak.

LANGKAH KEDUA: MEMBUAT BILLING PAJAK SECARA ONLINE.

  1. Buka browser anda dan masuk ke http://sse.pajak.go.id
  2. Lakukan login dengan memasukkan NPWP (USER ID) dan PIN yang telah anda dapat pada e-mail verifikasi.
  3. Setelah anda berhasil masuk, anda akan diminta untuk mengisi Surat Setoran Pajak (SSP). Silahkan diisi sesuai dengan informasi pajak yang akan anda gunakan.
  4. Setelah anda mengisi dengan benar dan sesuai kebutuhan anda, klik “Simpan”.
  5. Halaman berikutnya muncul, dan klik “Terbitkan Kode Billing”.
  6. Setelah itu anda akan mendapat “ID BILLING” yang mewakili SSP yang anda terbitkan sendiri. Catat ID BILLING ini.
  7. Selamat, anda berhasil membuat billing dan menerbitkan ID BILLING untuk digunakan saat pembayaran via internet banking atau ATM.

Langkah Ketiga: Membayar pajak via ATM Bank Mandiri.

Setelah anda berhasil membuat ID BILLING, maka langkah selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah melakukan pembayaran pajak via ATM. Membayar pajak bisa dilakukan secara via ATM Bank Mandiri. Pastikan anda sudah memiliki akun di bank Mandiri yang dilengkapi dengan kartu ATM untuk mengikuti langkah ketiga ini.
 
  1. Datang ke ATM Mandiri dan login ke ATM dengan kartu ATM Mandiri anda seperti biasa.
  2. Pilih menu “BAYAR/BELI”.
  3. Pilih menu “LAINNYA”.
  4. Pilih menu “MULTI PAYMENT”.
  5. Anda akan diminta untuk memasukkan kode institusi. Anda bisa melihat kode institusi Pajak dengan menekan menu “DAFTAR KODE”. Info kode Institusi yang tim KT dapat dari Ditjen Pajak adalah “10035”. Namun anda harus selalu memastikan sendiri apakah kode ini masih update atau tidak dengan melihatnya di menu “DAFTAR KODE”.
  6. Ketik “10035” di menu “Masukkan Kode Perusahaan/Institusi”.
  7. Pilih “BENAR”.
  8. Pilih pembayaran pajak yang akan dilakukan, lalu tekan “YA
  9. Layar akan menampilkan informasi detil tagihan pajak anda, bila sudah sesuai, tekan “YA”.
  10. Apabila telah selesai, tekan “KELUAR
  11. Struk tercetak dari ATM dapat digunakan sebagai Bukti Penerimaan Negara (BPN) yang dapat digunakan untuk pelaporan ke Kantor Pelayanan Pajak.
  12. Selamat anda telah berhasil membayar pajak melalui fasilitas ATM.