Mungkin anda telah membaca postingan kami sebelumnya yang menampilkan Contoh dan Format Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Yang Sederhana. Kali ini tim Kotak Terbang akan menjelaskan secara lebih terperinci tentang Sepuluh Bagian Mendasar dari Surat Perjanjian Kontrak Kerja Karyawan Sederhana. Ada sepuluh hal yang dapat anda pelajari dari postingan kami kali ini. Semoga cukup membantu anda yang membutuhkan pengetahuan tentang surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana. Selamat membaca.

1. PENJELASAN MENDETAIL TENTANG PARA PIHAK YANG TERKAIT.

Bagian ini harus menjelaskan siapa saja yang terikat ke dalam surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana. Biasanya Pihak Pertama merupakan perwakilan dari sisi perusahaan, sedangkan Pihak Kedua merupakan sang karyawan sendiri. Banyaknya Pihak bisa bervariasi tergantung dari tujuan perjanjian yang ingin disepakati. Setelah ditentukan, maka biasanya digunakan kata PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA di setiap pasal perjanjian di bagian-bagian berikutnya untuk mewakili Para Pihak yang terikat dengan surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana ini.

2. PENGERTIAN DAN KESEPAKATAN UMUM DARI KONTRAK.

Bagian ini menjelaskan hal-hal yang harus disepakati secara umum oleh Para Pihak terkait dengan surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana ini. Biasanya isinya terkait dengan waktu dan lama perjanjian kontrak kerja, jabatan apa yang dipegang oleh karyawan, dan hubungan yang terjadi antara Para Pihak.

3. HAK DAN KEWAJIBAN SETIAP PIHAK YANG TERKAIT DALAM KONTRAK.

Hak-hak seperti hak menerima gaji, hak mendapat perlakuan yang adil, hak mendapat konsekuensi pekerjan, dan hak-hak lain yang dibutuhkan dalam ruang lingkup kontrak kerja patut untuk disajikan di bagian ini. Begitu pula dengan kewajiban-kewajibannya. Contoh kewajiban yang bisa ditulis adalah terkait dengan kewajiban pembayaran gaji, kewajiban bekerja sesuai dengan waktu kerja, kewajiban untuk menjaga nama baik perusahaan, dan kewajiban-kewajiban lainnya yang ingin disepakati di dalam surat perjanjian kontrak kerja karyawan.

4. DEFINISI DAN RUANG LINGKUP KERJA KARYAWAN.

Penting sekali untuk membuat deskripsi dan definisi dari apa saja yang wajib dilakukan oleh karyawan. Misalkan apabila jabatan karyawan adalah sebagai akuntan, maka ada baiknya setiap pekerjaan akuntan secara umum dijabarkan di bagian ini. Begitu pula apabila sebagai seorang manager, maka setiap deskripsi pekerjaannya terkait dengan management, pengawasan, dan pelaksanaan harus dijabarkan dengan tersirat secara jelas.

5. KESEPAKATAN WAKTU KERJA DAN LIBUR.

Nah, waktu kerja yang dialami karyawan harus disiratkan di sini. Seperti berapa jam yang harus dipenuhi karyawan setiap harinya. Kapan karyawan bisa libur, kapan karyawan bisa cuti, dan kapan karyawan bisa istirahat perlu dicantumkan juga di bagian ini. Hal ini bisa semakin mempertegas apa-apa yang disepakati diĀ antara karyawan dan pemberi kerja.

6. KESEPAKATAN KONTRAK GAJI, UPAH, BONUS, DAN TUNJANGAN.

Seperti waktu kerja dan libur: Gaji, upah, bonus, dan imbalan pun perlu disepakati. Di bagian ini bisa disepakati berapa gaji pokok yang didapat oleh karyawan, berapa upah selain gaji pokok, tunjangan, dan bonus yang didapat karyawan apabila berhasil melakukan suatu prestasi tertentu. Dalam surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana, penting sekali mencantumkan bagian ini, karena bagian ini berkenaan dengan uang dan otomatis menjadi bagian yang paling sensitif terhadap kontrak kerja karyawan.

7. KESEPAKATAN PROSEDUR SAAT TERJADI KELALAIAN, PENGUNDURAN DIRI, DAN PEMECATAN.

Nah apabila terjadi kelalaian dari karyawan, perlu diadakan suatu prosedur yang disepakati sampai terjadinya pemecatan oleh pihak managemen perusahaan. Hal ini perlu disepakati oleh karyawan dan perusahaan sehingga terjadi batas-batas yang jelas dalam kewenangan pemecatan karyawan. Begitu pula prosedur yang harus dilalui saat melakukan pengunduran diri. Biasanya kami meminta karyawan untuk sepakat bahwa apabila akan melakukan pengunduran diri, karyawan harus menginformasikan kepada pihak managemen 3 bulan sebelum pengunduran dirinya, pun karyawan harus siap untuk mencari pengganti dan melatihnya sehingga ketika pengunduran terjadi posisi yang ditinggalkannya dapat digantikan oleh orang lain dengan baik.

8. RESOLUSI APABILA TERJADI PERSELISIHAN TERHADAP KONTRAK.

Dalam surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana tetap perlu menyepakati perihal yang terjadi bila terjadi perselisihan. Biasanya bila terjadi perselisihan mengenai perihal yang tertulis di dalamnya, maka langkah pertama yang ditempuh adalah dengan melalui jalan musyawarah untuk mencapai mufakat. Namun bila tidak ditemui juga, maka biasanya para pihak sepakat untuk membawanya ke ranah pengadilan.

9. KESEPAKATAN DALAM HAL APABILA TERJADI FORCE MAJEUR.

Force Majeur ini terkait dengan bencana alam dan kondisi yang sangat tidak mungkin dikontrol oleh para pihak yang terkait dengan surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana ini. Karena tidak dapat dikontrol, maka biasanya isi dari bagian ini adalah pemakluman terhadap kondisi force majeur yang terjadi.

10. TANDA TANGAN KESEPAKATAN KONTRAK DI ATAS MATERAI.

Bagian terakhir adalah pendandatanganan oleh para pihak yang terkait dengan surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana ini. Untuk memperkuatnya, maka penandatanganan harus dilakukan di atas materai. Bila ada 2 pihak maka surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana dibuat 2 rangkap dengan ketentuan berikut:

PIHAK PERTAMA menandatangani bagian tanda tangannya di atas materai untuk rangkap yang dibawa PIHAK KEDUA, dan PIHAK KEDUA menandatangani bagian tanda tangannya di atas materai untuk rangkap yang dibawa PIHAK PERTAMA.

Dan bila dalam penandatanganan melibatkan lebih dari 2 pihak maka, setiap Pihak harus mendapat rangkap yang di mana lawan pihaknya menandatangani di setiap bagian tanda tangannya dibubuhi di atas materai.

Demikian penjelasan tentang format dan bagian surat perjanjian kontrak kerja karyawan sederhana. Semoga cukup membantu anda yang membutuhkan penjelasan tentang hal ini. Silahkan meninggalkan komentar di kolom komentar yang disediakan di bawah ini. Salam Kotak Terbang 😉