Kali ini tim Kotak Terbang akan menjelaskan secara mendetail tentang apa itu UNESCO, UNICEF, dan WHO dimulai dari kepanjangannya, pengertiannya, dan definisi dari setiap istilah itu. Pada dasarnya UNESCO, UNICEF, WHO, dan FAO hanya sebagian dari beberapa organisasi yang bergerak di bawah naungan PBB untuk membantu PBB dalam melaksanakan tugasnya. Untuk lebih mengetahui secara jelas tentang apa itu PBB silahkan buka link berikut: ……

1. UNESCO – Kepanjangan, singkatan, dan definisi.

Kepanjangan dari singkatan UNESCO adalah United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization. Sesuai dengan namanya definisi dari didirikannya UNESCO adalah untuk membantu PBB dalam meningkatkan kerja sama antar negara dan bangsa di dunia ini melalui bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan. Didirikan pada tanggal 4 November 1946 dan berkedudukan di Paris-Perancis, UNESCO memiliki misi untuk berkontribusi kepada pembentukan kedamaian, menghilangkan kemiskinan, membuat pembangunan berkelanjutan dan dialog antar budaya, dengan cara bekerja melalui pendidikan, ilmu pengetahuan, budaya, komunikasi, dan informasi. Saat ini UNESCO secara umum mempunyai dua prioritas terbesar, yaitu perihal Afrika dan Kesetaraan Gender.

Beberapa tujuan yang berkaitan dengan misi UNESCO di atas di antaranya adalah:
(a) Mencapai pendidikan yang berkualitas untuk semua orang, dan pendidikan yang berkesinambungan
(b) Memobilisasi ilmu pengetahuan dan kebijakan untuk pembangunan yang berkelanjutan
(c) Mengatasi tantangan social dan budaya yang muncul di dunia
(d) Membina keberagaman budaya, dialog antar budaya, dan membudayakan perdamaian
(e) Membangun masyarakat yang memiliki pengetahuan inklusif melalui informasi dan komunikasi.

2. UNICEF – Kepanjangan, singkatan, dan definisi. 

Kepanjangan dari singkatan UNICEF adalah United Nations Children’s Fund. UNICEFmenyediakan bantuan yang berkepanjangan dalam kemanusiaan serta perkembangan anak-anak dan para ibu di negara-negara berkembang. Sesuai dengan yang dilansir dari salah satu websitenya, UNICEF juga memastikan bahwa setiap anak di dunia ini diberi makan dengan baik, divaksinasi dengan baik, memperoleh pendidikan yang layak, dan dilindungi secara baik. Intinya adalah pemenuhan hak anak secara total dan baik.

Perhatian UNICEF banyak tertuju kepada pemenuhan hak setiap anak yang dapat dimulai dari membangun rumah atau tempat berlindung yang layak, penyediaan nutrisi yang baik, perlindungan dari bencana alam dan konflik, kepedulian pre-natal agar terjadi kelahiran yang sehat, ketersediaan air dan sanitasi yang bersih, serta kepedulian terhadap pendidikan dan kesehatan.

UNICEF telah bergerak untuk mendorong peraturan-peraturan hukum, kebijakan-kebijakan, dan peraturan di negara-negara di dunia untuk membantu melindungi anak-anak secara baik. Dengan cara melobi para pemimpin, pemikir, dan pembuat kebijakan untuk membantu setiap anak mendapat hak-haknya, terutama bagi anak-anak yang tidak beruntung.

3. WHO – Kepanjangan, singkatan, dan definisi.

Kepanjangan dari singkatan WHO adalah World Health Organization. Sesuai dengan namanya, WHO bergerak di bidang kesehatan di setiap sektor yang masih ternaung dalam sistem PBB, bekerjasama bersama pemerintah dan berbagai organisasi dengan tujuan agar setiap manusia di dunia ini mendapatkan dukungan dalam tujuan mereka menjalani hidup secara sehat.

WHO Berdiri pada 7 April 1948, tanggal yang saat ini dirayakan setiap tahun sebagai Hari Kesehatan Dunia. WHO saat ini memiliki pekerja sebanyak lebih dari 7000 orang yang bekerja di kurang lebih 150 kantor WHO di setiap negara yang berafiliasi, 6 kantorWHO yang berdiri secara regional, dan kantor pusatnya WHO di Jenewa, Swiss.

Demikian penjelasan kami tentang UNESCO, UNICEF, dan WHO. Insya Allah kami akan menulis juga tentang badan organisasi PBB yang lainnya di blog Kotak Terbang ini. So stay tuned ya! 😉

Nb: Setelah membaca postingan ini, sempatkan untuk meninggalkan komentar di kolom komentar yaa! Kami sangat berharap masukan dan dukungan dari para pembaca sekalian.

Salam Kotak Terbang!